Dunnageairbag.id – Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Dunnage Bag – Terlepas dari pengiriman kargo melalui udara, laut, atau jalan, transportasi barang selalu melibatkan risiko. Beberapa alasan menyebabkan kerusakan kargo – beberapa di luar kendali manusia sementara yang lain disebabkan oleh kesalahan manusia.

Barang yang rusak secara fisik biasanya disebabkan oleh pembungkusan dan pengemasan yang tidak tepat, penanganan yang salah selama transit, penyimpanan yang tidak tepat, atau bahkan pelabelan yang salah.

Terkadang, produk yang rusak disebabkan oleh distribusi berat yang tidak seimbang. Kurangnya perlindungan dampak yang tepat juga dapat merusak kargo. Saat menumpuk pallet plastik atau selip, kemasan pelindung akan memastikan bahwa barang terdistribusi secara merata.

Paket yang tidak sesuai dapat membuat kantong kosong dan menyebabkan palet/selip jatuh saat dalam perjalanan.

Bagaimana Operator Mencegah Beban Berpindah?

Pengirim menggunakan beberapa metode untuk mengamankan pallet mereka untuk melindungi mereka selama transit. Pengamanan beban dilakukan dengan menguatkan dan memblokir menggunakan kayu, batang logam, pengikat, sabuk pengikat, atau bahkan pengencang.

Apa pun metode yang digunakan, sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada ruang kosong di antara palet sehingga barang di dalamnya tidak bergerak, terlepas dari seberapa mulus atau bergelombang perjalanannya.

Apa Itu Dunnage Bag?

Dunnage bag atau lengkapnya dipanggil dunnage air bag mengacu pada bahan bantalan yang melindungi barang dan mencegah kerusakan saat pengiriman. Itu bisa berkisar dari bungkus gelembung sederhana hingga busa dan bahkan baja. Jenis produk yang akan dikirim menentukan bahan dunnage yang digunakan. Pengirim tidak dapat menempatkan barang kecil di dalam kotak besar yang berisi dunnage.

Mereka juga tidak dapat membungkus kargo yang rapuh dengan gelembung dan mengharapkan bahan dunnage untuk melakukan tugasnya. Pengirim menggunakan dunnage saat mengangkut kargo tugas berat atau bagian rapuh seperti transmisi atau panel bodi untuk menyerap getaran dan mengurangi kerusakan.

Kemasan pelindung digunakan saat barang sedang dipindahkan ke jalur produksi untuk melindungi bagian-bagiannya. Dunnage juga digunakan di bidang manufaktur, terutama di pabrik yang menggunakan sistem otomatis – jig dan fixture digunakan sebagai dunnage untuk mencegah lengan robot melukai manusia.

Mengapa Menggunakan Dunnage Air Bag?

Dunnage Airbags adalah cara hemat biaya untuk mengisi kekosongan dan mengurangi kerusakan. Ada beberapa alasan mengapa pengirim lebih memilih dunnage airbag daripada jenis dunnage lainnya. Pertama, mereka ekonomis – tas 2 lapis dapat menampung hingga 40.000 pon kargo. Ketika diatur dengan benar, satu airbag sudah cukup untuk menahan seluruh wadah.

Ini adalah ringan dan mudah untuk memuat atau membongkar dibandingkan dengan bahan dunnage lain seperti kayu atau logam. Dunnage Bags menawarkan perlindungan benturan 360°. Ini sangat ideal untuk mengisi kekosongan yang tersisa karena palet.

Tetapi hal terbaik tentang tas pengisi kekosongan adalah mudah digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah senapan angin atau pompa udara elektrik (dengan katup pengisian cepat) yang dirancang khusus untuk Dunnage Airbags. Tas dapat diisi dalam beberapa menit dan dengan sedikit usaha. Mengempis juga sama sederhananya.

Apa Berbagai Jenis Kantong Udara Dunnage?

Jenis dunnage yang terutama digunakan bergantung pada bahan yang akan dikirim—misalnya, plastik padat yang digunakan untuk produk industri bernilai tinggi. Pembungkus gelembung digunakan untuk mengangkut kaca dan barang rapuh lainnya. Kayu secara tradisional digunakan sebagai bahan dunnage untuk mengirimkan barang-barang besar.

Paper Dunnage Bag adalah pilihan dunnage yang ekonomis dan ramah lingkungan. Busa untuk melindungi barang elektronik, peralatan medis, atau benda tajam. Kertas bergelombang terkait dengan pengiriman bahan konstruksi dan barang yang membutuhkan perlindungan dari kelembaban. Beberapa produk memerlukan solusi dunnage khusus – ini dirancang agar sesuai dengan dimensi tertentu dan dibuat menggunakan bahan yang unik.

Ada berbagai jenis Tas Dunnage yang cocok untuk pengiriman. Kondisi pengiriman dan produk akan membantu menentukan jenis Tas Dunnage yang dibutuhkan. Beberapa jenis airbag yang umum termasuk:

1. Kantong Udara Poliwoven

Tas ini memiliki kantung dalam polietena kedap udara dan lapisan luar anyaman polipropilen dan ideal untuk kargo sedang hingga berat atau barang yang dikirim melalui kereta api. Tas Polypropylene kuat dan tahan lama dan menawarkan perlindungan dari kondisi cuaca yang keras atau lingkungan kimia.

Mereka tahan terhadap kelembaban, cukup fleksibel untuk masuk ke dalam rongga aneh di antara kargo, dan mudah dipasang di tempat yang sulit dijangkau. Juga, mereka ringan jika dibandingkan dengan kantong udara kertas dan karenanya mudah untuk memuat dan membongkar.

2. Tas Dunnage Kertas

Lapisan dalam tas ini dibuat menggunakan anyaman polypropylene, sedangkan lapisan luarnya menggunakan kertas kraft. Paper Dunnage Bags adalah yang paling ekonomis dan ideal untuk kargo kering.

dunnage air bag

Mereka ramah lingkungan, hemat biaya, dan tersedia dalam berbagai ukuran. Kantong Udara Kertas mudah dibuang dan cepat dibongkar dan dimuat. Seperti Poly Woven Airbag, mereka dapat mengisi kekosongan dalam bentuk aneh dengan cepat.

3. Tas Woven Dunnage

Tas Woven Dunnage lebih disukai untuk pengiriman melintasi jalan berbatu atau pegunungan. Tas-tas ini dapat menyesuaikan dengan bentuk barang penguat dan berkontraksi atau mengembang sesuai dengan tekanan udara ketinggian. Mereka tahan air dan karenanya biasa digunakan untuk transportasi berpendingin.

tas wowen dunnage

Semoga artikel mengenai Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Dunnage Bag ini semakin bisa membantu Anda mengerti dan memahami apa itu dunnage bag atau dunnage air bag.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.